SEKILAS INFO
  • 2 bulan yang lalu /
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di website resmi Forum Pecinta masjid Aceh
WAKTU :

Bahaya Dengki Bagi Kesehatan

Terbit 27 Agustus 2020 | Oleh : admin | Kategori :
Bahaya Dengki Bagi Kesehatan

Iri hati atau dengki merupakan sikap yang ditiimbulkan dari hati seseorang dengan membenci apabila orang lain mendapatkan kebahagiaan, serta berharap agar kebahagiaan yang orang lain miliki itu hilang seketika. Kalau kita telusuri, penyakit hati ini bersumber dari gabungan sifat pelit dan keburukan jiwa. 

Sifat dengki yang ditimbulkan di hati akan menimbulkan keesedihan yang berkepanjangan dan membuat yang bersangkutan suka berangan-angan. Selain itu, dengki atau iri hati merupakan salah satu tercela dan harus di hindari dari hati seorang muslim yang mengharap keridhoannya. 

Karena hal tersebut merupakan salah sifat yang dibenci Allah. Rasul saw sendiri pernah bersabda kepada para sahabatnya untuk menghilangkan sifat iri hati di dalam hati, karena hal tersebut dapat menjadi penyebab pecahnya perusadaraan sesama umat Islam.

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لاَ تَحَاسَدُوْا ، وَلاَ تَنَاجَشُوْا ، وَلاَ تَبَاغَضُوْا ، وَلاَ تَدَابَرُوْا ، وَلاَ يَبِعْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَيْعِ بَعْضٍ ، وَكُوْنُوْا عِبَادَ اللهِ إِخْوَانًا ، اَلْـمُسْلِمُ أَخُوْ الْـمُسْلِمِ ، لاَ يَظْلِمُهُ ، وَلاَ يَخْذُلُهُ ، وَلاَ يَحْقِرُهُ ، اَلتَّقْوَى هٰهُنَا ، وَيُشِيْرُ إِلَى صَدْرِهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ، بِحَسْبِ امْرِئٍ مِنَ الشَّرِّ أَنْ يَحْقِرَ أَخَاهُ الْـمُسْلِمَ ، كُلُّ الْـمُسْلِمِ عَلَى الْـمُسْلِمِ حَرَامٌ ، دَمُهُ وَمَالُهُ وَعِرْضُهُ.

“Diterima dari Abu Hurairah ra, beliau berkata : ‘Rasulullah saw pernah bersabda : Jangan kalian saling mendengki, menipu, membenci, membelakangi, dan memberi suatu barang yang akan dibeli orang. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lainnya, tidak layak untuk saling menzhalimi, berbohong, dan acuh kepadanya. Takwa itu ada disini (beliau menunjuk dadanya 3 kali) cukuplah seseorang dikatan jahat jika ia menghina saudaranya sesama muslim. Haram bagi seorang muslim dari muslim yang lainnya, darahnya, hartanya, dan harga dirinya.” (HR. Muslim)

Sementara itu, selain dapat menjadi penyebab perpecahan bagi sesama muslim, efek negatif yang ditimbulkan dari rasa iri hati adalah hilangnya kebaikan-kebaikan yang telah dikerjakan. Malang nian nasibnya. Setelah bersusah payah mengerjakan kebaikan, namun kebaikan itu hilang seketika. Itulah dampak negatif dari iri hati atau dengki. Hal ini di tegaskan dalam  sebuah hadits.

إِيَّاكُمْ وَالْحَسَدَ فَإِنَّ الْحَسَدَ يَأْكُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَأْكُلُ النَّارُ الْحَطَبَ ». أَوْ قَالَ « الْعُشْبَ »

“Berhati-hatilah kalian terhadap iri hati karena sesungguhnya iri hati itu dapat memakan kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar” dalam  riwayat lain dikatan “atau semak belukar (rumput kering)“.

Itulah dampak negatif dari bahaya iri hati yang ditinjau dalam perspektif agama. Lalu, apa dampak iri hati dalam segi kesehatan ? Menurut Dr. Hamid Al-Ghaubi, Dampak buruk dari sifat dengki terhadap kesehatan tubuh yaitu :

(1) munculnya reaksi kejiwaan bagi pendengki sebagaimana gangguan pada kelenjar pankreas.  Jika kondisi pangkreas semakin buruk, bukan tidak mungkin maka ia menderita penyakit gangguan ginjal. 

(2) Dampak lain yang ditimbulkan dari sifat dengki yaitu akan menimbulkan rasa sakit pada bagian dalam tubuh dan dapat membuat yang bersangkutan menjadi kurus. 

(3) Selain itu, sifat dengki akan menyebabkan adanya perubahan raut muka dan yang paling parah dapat memicu penyakit jantung.

Itulah dampak negatif yang disebabkan dari rasa dengki atau iri hati secara kesehatan. Semoga kita dapat menghindarinya, dan dengan begitu kita dapat menghadap Allah dengan hati yang bersih.

SesudahnyaBANYAK SIKSA KUBUR DISEBABKAN INI

Tausiyah Lainnya